Rabu, 08 Oktober 2014

Contoh Proposal Usaha Makanan Puding Kukus Custard Coklat



PROPOSAL USAHA
“PUDING KUKUS CUSTARD LAPIS COKLAT”
Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Untuk Memenuhi Syarat
Mengikuti Ujian Nasional (UN)
Tahun Pelajaran 2014/2015

D
I
S
U
S
U
N
Oleh   :
                                    Nama Kelompok                 :
1.      Desi
2.      Siska Dewi Sawitri
3.      Sri Ayu Anggraini
                                    Kelas                                   : XIl (Duabelas)


                                  Program Keahlian                : Akuntansi Syariah


SMK MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK
Alamat : Jln. Dr. Sutomo Gg. Karya 1 Kota baru Pontianak Telp. (0561)744504
Email : smkmuhammadiyah2pontianak@yahoo.com

HALAMAN PENGESAHAN
Laporan ini Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Untuk Memenuhi Syarat
Mengikuti Ujian Nasional (UN) SMK MUHAMMADIYAH 2 PONTIANAK
Tahun pelajaran : 2014-2015



Oleh:

                                     Nama Kelompok                :
1.      Desi
2.      Siska Dewi Sawitri
3.      Sri Ayu Anggraini
                                    Kelas                                   : XIl (Duabelas)
                                    Program Keahlian                : Akuntansi Syariah










 Disahkan Dan Disetujui Oleh:


               Kepala SMK Muhammadiyah 2 Pontianak                             Guru Kewirausahaan






                  Drs. SUWANDI, M. NOOR, M.Pd                                             SURATA
                                      NBM. 887 015



KATA PENGHANTAR

Segala puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan tepat waktu.

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata pelajaran kewirausahaan dan diajukan untuk memenuhi syarat mengikuti Ujian Nasional (UN).

Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan secara moril atau materil dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada:
1.      Ayah, ibu serta keluarga tercinta.
2.      Bapak Drs. Suwandi, M. Noor, M. Pd selaku kepala SMK Muhammadiyah 2 Pontianak.
3.      Bapak Surata selaku guru kewirausahaan.
4.      Teman-teman yang kami sayangi.
5.      Semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.

Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi saya dan bagi pembaca lain pada umumnya.



Pontianak, 22 September 2014
                                                                                                                Penyusun



                                                                                                                  DSS









Proposal Usaha                                                                                                                          iii
DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL .......................................................................... i
HALAMAN PENGESAHAN ........................................................... ii
KATA PENGANTAR ....................................................................... iii
DAFTAR ISI ...................................................................................... iv

A. PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang ........................................................................ 1
1.2  Visi .......................................................................................... 1
1.3  Misi ......................................................................................... 1

B. ANALISIS PELUANG USAHA SWOT
2.1  Strenght .................................................................................. 2
2.2  Weakness ............................................................................... 2
2.3  Opportunity ............................................................................ 2
2.4  Thteat ..................................................................................... 2

C. PENETAPAN PEMASARAN (Marketing Mix)
3.1     Produk ................................................................................... 3
3.2     Price ...................................................................................... 3
3.3     Promosi ................................................................................. 3
3.4     Distribusi ............................................................................... 3
     3.5     Place ...................................................................................... 3                                    D. PROSES PRODUKSI
4.1     Bahan ..................................................................................... 4
4.2     Alat ........................................................................................ 4
     4.3     Cara Kerja .............................................................................. 5                                    E. RENCANA ANGGARAN BIAYA ............................................................ 6                                      F. PEMASARAN
5.1 Sasaran Pasar ......................................................................... 8
     5.2 Strategi Pemasaran ................................................................ 8                                          G. PENUTUP
6.1  Saran .................................................................................... 9
6.2  Pesan .................................................................................... 9



Proposal Usaha                                                                                                                          iv

A. PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
            Makanan-makanan yang tersedia di pasaran saat ini sangat beraneka ragam dan harga yang ditawarkan juga beraneka dari yang terjangkau oleh masyarakat hingga harga yang tinggi. Banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan secara simple dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan, cemilan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk membeli makanan dari pada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Berbagai usaha makanan memang bermunculan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat. Apalagi usaha kuliner berupa kue, baik kue kering maupun kue basah. Salah satu jenis kue yang banyak diminati oleh konsumen secara luas adalah Puding Karamel. Puding Karamel sangat cocok untuk pengganjal perut sebab Puding Karamel mengandung banyak vitamin dari telur dan susu untuk menambah energi dalam beraktivitas. Bahkan untuk mengisi perut kosong sebelum makan siang pun juga bisa. Selain dapat dikonsumsi oleh orang dewasa, makanan satu ini juga banyak dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Sehingga dari berbagai lapisan masyarakat sebagian besar menyukai Puding Karamel.

1.2 Visi            :
Menjadikan usaha “Puding Kukus Custard Lapis Coklat” dikenal orang secara luas dan menjadi trend makanan yang sehat.

1.3 Misi           :
a)      Membuka lapangan kerja.
b)      Menciptakan makanan dari bahan-bahan yang alami.
c)      Menarik minat konsumen untuk meraskan makanan yang terkenal sekarang.
d)     Mencari keuntungan atau laba.
e)      Mencapai target penjualan.







Proposal Usaha                                                                                                                           1

B. ANALISIS PELUANG USAHA
Dalam program ini analisis peluang usaha yang dilakukan menggunakan analisis SWOT. Adapun analisis SWOT yang dijelaskan sebagai berikut :
2.1  Strenght ( Kekuatan yang mendukung usaha)                        :
ü  Jumlah bahan yang melimpah
ü  Harga bahan baku yang murah serta modal mencukupi
ü  Proses pengolahan yang mudah
ü  Kemampuan membuat kue
ü  Menjual produk untuk semua kalangan msayarakat yang memiliki rasa bahan yang hegienis
ü  Lingkungan yang banyak masyarakat
ü  Harga terjangkau, dari kalangan manapun bisa membeli
2.2  Weakness ( Kelemahan yang menghambat usaha )                :
ü  Hasil tidak tahan lama
ü  Naiknya bahan sembako
ü  Prokduknya mudah ditiru
ü  Tidak punya tempat luas untuk membuka tokonya tersendiri
ü  Modal untuk membuat tokonya tersendiri tidak cukup
2.3  Opportunity ( Peluang dapat ditemukan )                              :
ü  Membuka toko tersendiri serta cabangnya
ü  Dapat pesanan dari pelanggan
ü  Omset penjualan selalu menaik
ü  Dapat keuntungan yang baik atau naik/banyak
ü  Hasil produksinya dapat tercapai
2.4  Threat ( Ancaman usaha )                                                       :
ü  Banyaknya pesaing yang menjual produk dengan yang harga lebih.
ü  Komplen pada konsumen
ü  Harga barang yang selalu naik
ü  Bahan tidak lama



Proposal Usaha                                                                                                                           2

C. PENETAPAN PEMASARAN (Marketing Mix )

3.1 Product (produk)              :
Produk yang dijual yaitu “Puding Kukus Custard Lapis Coklat” yang merupakan makanan jajanan yang digemari masyarakat dan untuk semua kalangan masyarakat yang memiliki rasa bahan yang hegienis.

3.2    Promosion (pemasaran)    :
Bisnis makanan adalah bisnis kepercayaan dan ”rasa”. Di awal usaha, kami membuat promosi dengan menawarkan harga miring atau discount untuk setiap pemesanan, memberikan brosur dan memberikan sample dari makanan tersebut.

3.3    Dristribusi                        :
Untuk membuka usaha, pendistribusiannya di mulai dari kalangan keluarga yang akan mengadakan acara. Dengan demikian, semua kenalan dapat mengetahui kualitas dari produk kami. Dari situ dapat terbentuk kepercayaan.

3.4 Place (tempat)                   :
Tempat yang dipilih yaitu di Jln Husien Hamzah Pal V  No. 2 Pontianak Barat.
                                                       



Proposal Usaha                                                                                                                           3
D. PROSES PRODUKSI

4.1  Bahan Brownies :
Ø  Telur 10 butir
Ø  Susu Indomilk 750 g
Ø  Gula pasir  kilo
Ø  Vanili 1 sdm
Ø  Tepung Custard 3 sdm
Ø  Coklat Bubuk Van Houlten 1 sdm
Ø  Air

4.2  Alat                       :
Ø  Baskom
Ø  Gelas
Ø  Mixser
Ø  Mangkuk kaca anti panas
Ø  Panci
Ø  Dandang
Ø  Sendok
Ø  Saji
Ø  Kompor dan gas













Proposal Usaha                                                                                                                           4
4.3  Cara Kerja             :

è Cara Pembuatan Saus Karamel           :
Nyalakan kompor, letakkan wajan dipanaskan. Lalu masukkan gula pasir, masak dalam api keadaan kecil. Diamkan samapai meleleh kemudian tambahkan air 1 gelas (ukuran sedang) diaduk sampai rata dan sampai berwarna kecokelatan. Setelah rata gula yang telah cair dituangkan kedalam mangkuk kaca (tahan panas), sisihkan.

è Cara Pembuatan Puding                     :
1)      Masukkan telur, susu, gula, vanili dan air 3 gelas (ukuran sedang) kedalam baskom lalu aduklah sampai merata menggunakan mixes (jangan terlalu lama atau mengembang).
2)      Setelah merata, masukkan tepung Curstad 1 ½ sdm aduk menggunakan sendok sampai rata.
3)      Saringlah adonan tersebut, lalu bagi dua bagian.
4)      Satu bagian tersebut masukkan bubuk coklat van haouten 1 sdm.
5)      Nyalakan kompor masukkan mangkuk kaca kedalam dandang. Isi mangkuk kaca dengan karamelya dan adonan puding putih sedikit demi sedikit. Lalu kukus 10 menit.
6)      Setelah puding putih dikukus sebentar, lapiskanlah puding coklatnya sedikit demi sedikit. Lalu kukus lagi selama 10 menit. Lakukanlah lapisan berulang-ulang sampai adonan habis.













Proposal Usaha                                                                                                                           5
E. RENCANA ANGGARAN BIAYA

Modal Awal                                                                            Rp. 63.000,-
Bahan-bahan baku :
Telur                                        Rp. 11.000,-
Susu Indomilk                         Rp. 18.000,-
Gula Pasir                                Rp. 6000,-
Vanili                                      Rp. 1000,-
Tepung Custard                      Rp. 2500,-
Coklat Bubuk Van Houlten    Rp. 5000,-
Air                                           Rp. 1500,-
UTK                                        Rp. 5000,-
Dll                                           Rp. 5.000,-    +
                                                                                                Rp. 55.000,-      -
                                                                                                Rp. 8000,-

Ket JSB yang dikeluarkan Rp. 55.000,- dijual produksi 2 loyang (mangkuk).
Jadi,  
                   

  
             
             
                      





Proposal Usaha                                                                                                                           6
Menyesuaikan harga pasaran perloyang Rp. 35.000,-
 = JSP x JP - JSB            
= Rp.34.375,- x 2 – Rp. 55.000,-
                        = Rp. 13.750,-
                       
 = Laba Kotor – Biaya Administrasi
                          = Rp. 13.750,- - Rp. 2000,-
                          = Rp. 11.750,-

Analisa Keuntungan :
Untuk menganalisa keuntunagan baik buruknya suatu perusahaan atau maju mundurnya perusahaan yang kita jalani akan terlihat, namun saya menganalisis saya harus optimis kemungkinan besar keuntungan yang saya dapatkan dapat di lihat sebagai berikut :
·         Laba/minggu
·         Laba /bulan
·         Laba /tahun
= Rp. 200.000,-
= Rp. 800.000,-
= Rp 9.600.000,-




Proposal Usaha                                                                                                                           7

F. PEMASARAN

5.1 Sasaran Pasar                    :
            Untuk memasarkan produk puding yang bisa dilakukan dengan cara menitipkannya ke toko-toko kue, supermarket, kantin-kantin, maupun suplier makanan yang ada di sekitar rumah Anda.
                                                         
5.2 Strategi Pemasaran            :
Promosi produk, bisa melakukannya melalui media cetak seperti brosur, pamflet, atau poster dan membagikannya di sekitar lokasi usaha. Untuk menjangkau konsumen yang lebih luas, Anda juga bisa mempromosikannya melalui media online, misalnya dengan menggunakan facebook, twitter, ataupun website. Dan dari mulut ke mulut. Semakin rajin Anda menginformasikan keberadaan produk tersebut, maka semakin besar pula peluang pasar yang Anda ciptakan untuk mendatangkan keuntungan yang sebesar-besarnya.






Proposal Usaha                                                                                                                           8

G. PENUTUP

6.1 Saran                     :
¯  Jangan pernah takut mencoba untuk menjadi seorang wirausahawan karena kita tidak akan pernah tahu jika tidak pernah mencoba.
¯  Konsisten dan kreatif pada satu bisnis hingga sukses.
¯  Beranilah membangun Indonesia yang lebih baik dengan menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga pengangguran dapat dikurangi.
¯  Kemauan yang keras, perjuangan yang tak kenal lelah, kesediaan menghadapi segala kemungkinan, dan selalu berpikir positif adalah mutlak diperlukan untuk menjadi seorang wirausahawan.
¯  Giat berusaha, pantang menyerah, dan harus rajin bersyukur.

6.2 Pesan                     :
            SEMANGAT YA BUKA USAHANYA !!















Proposal Usaha                                                                                                                           

2 komentar: